Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Kemerahan Hingga Bopeng
Monday, 26 November 2018
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Kemerahan Hingga Bopeng

V Listeners!

Jerawat memang sangat menggangu penampilan Anda sehari-hari, namun bukan hanya jerawat itu saja yang dapat mengganggu penampilan Anda. Ketika jerawat hilang, bekasnya pun belum tentu bisa ikut hilang. Bekas jerawat bisa sangat beragam jenisnya, mulai dari kemerahan, bekas yang menghitam hingga bopeng atau bolongnya kulit.

Bekas jerawat yang kemerahan atau kehitaman dapat disebut juga sebagai hiperpigmentasi, ada pula bekas jerawat yang membentuk jaringan parut atau disebut acne scars. Bekas jerawat yang membentuk lubang atau jaringan parut sulit untuk dihilangkan dan tidak bisa diatasi hanya dengan perawatan topikal. Seperti dikutip dari detikhealth, bekas jerawat yang berlubang terjadi karena kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka atau jaringan parut. Jaringan inilah yang menarik lapisan atas kulit sehingga menimbulkan cekungan seperti berlubang.

Menghilangkan bekas jerawat biasanya dilakukan perawatan di klinik kecantikan khusus, seperti laser atau vampire treatment. Beberapa klinik kecantikan juga memberikan krim-krim khusus untuk pencerah atau penghilang bekas jerawat.

1. Gunakan Tabir Surya

Langkah pertama sebelum menggunakan perawatan lainnya, gunakanlah tabir surya karena paparan sinar matahari dapat memperburuk bekas jerawat. Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 dan PA +++ untuk perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.

2. Gunakan produk pencerah kulit

Vitamin C dapat digunakan sebagai produk pencerah kulit, saat ini sudah banyak produk-produk kecantikan yang mengandung vitamin c baik dalam bentuk serum atau pelembab. Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menetralisir kulit dari radikal bebas agar tidak merusak kulit. Sifat asam dalam vitamin C juga membantu membersihkan kulit dan menghilangkan infeksi yang disebabkan mikroorganisme.

3. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit terbagi menjadi dua golongan chemical peeling dan mechanical peeling. Chemical peeling merupakan eksfoliasi kulit menggunakan bahan-bahan kimia yang aman untuk kulit, seperti AHA atau BHA. Sedangkan mechanical peeling merupakan pengelupasan kulit secara pisikal seperti scrub menggunakan oat dan produk-produk dengan butiran halus. Untuk kulit sensitive ada baiknya anda memilih eksfoliasi menggunakan chemical peeling.

 

Source