Buat Ayam Goreng Crispy, Renyah & Kriuk Seperti Restoran
Friday, 07 December 2018
Buat Ayam Goreng Crispy, Renyah & Kriuk Seperti Restoran

Ayam goreng merupakan salah satu hidangan yang mudah untuk dibuat di rumah, seringkali kita merasa bahwa ayam goreng buatan restoran lebih enak daripada buatan sendiri. Namun jika caranya tepat, anda dapat membuat ayam goreng tepung yang lebih lezat daripada restoran.

1. Berikan Rendaman Bumbu

Jika Anda menginginkan daging ayam memiliki rasa yang lebih kaya, lakukanlah marinasi atau rendaman dalam bumbu. Lumuri daging ayam dengan garam, gula, atau bahan pedas lainnya. Diamkan selama beberapa menit. Akan lebih maksimal jika didiamkan selama satu hari, tapi jangan sampai lewat dari dua hari. Jika ingin membuat ayam lebih empuk dan lembut, tambahkan susu mentega pada proses marinasi.

2. Tambahkan Bubuk Cabai (Bila Suka)

Tujuan dari tahap ini agar kulit luar ayam memiliki rasa yang lebih dan menciptakan cita rasa yang unik pada gigitan pertama.

3. Masak Dengan Api Sedang

Ayam akan terasa kurang lezat bila proses memasaknya dengan cara yang salah, apabila api terlalu kecil atau api terlalu panas. Suhu adalah kunci kelezatan dari masakan ayam Anda. Pastikan pula minyak yang akan digunakan sudah panas merata. Lalu, angkat pula ayam dengan waktu yang tepat, yaitu saat kulit luarnya matang kecoklatan.

4. Jangan gunakan tisu untuk menyerap minyak

Jika bahan dari tisu bersentuhan dengan ayam yang Anda buat, ayamnya akan menjadi alot dan bertekstur tidak sempurna. Gunakanlah jaring besi untuk menyaring minyak.

 

Source