Netizen Malaysia Marah, Es Cendol Diklaim Dari Singapura
Monday, 10 December 2018
Netizen Malaysia Marah, Es Cendol Diklaim Dari Singapura

Netizen Malaysia geram ketika CNN Internasional menobatkan Es Cendol merupakan hidangan penutup paling lezat yang berasal dari Singapura. Klaim sepihak ini memang cukup mengejutkan mengingat cendol dapat ditemui di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun entah mengapa, warga Malaysia merasa keberatan jika asal usul cendol dinyatakan berasal dari Singapura.

Menanggapi isu ini, beberapa netizen langsung melontarkan protes keras di media sosial. "CNN memasukkan cendol sebagai makanan pencuci mulut terlezat di dunia dari Singapura. Aku merasa tersinggung," tulis akun @anas_phoenix

"Dear CNN, cendol sepertinya berasal dari Malaysia atau Indonesia tetapi bukan dari Singapura. Saya rasa penulis artikel ini harus dilarang memakan cendol," tulis yang lainnya.

Beberapa netizen Singapura nampaknya sepakat dengan pernyataan para netizen Malaysia. Mereka bahkan tidak ada keinginan mengklaim cendol sebagai salah satu kuliner tradisional Singapura.

"Aku tidak setuju dengan daftar yang dikeluarkan CNN. Selain itu, kami (Warga Singapura) menyebut makanan tersebut dengan tambahan huruf 'h' yakni, cendhlol," tulis akun @dy158

"Meski aku memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, aku masih memiliki moral dan harga diri untuk tidak mengklaim cendol sebagai kuliner Singapura," tulis akun Giri Dev Nair.

 

Source