Alternatif Pengganti Nasi, Cocok Untuk Diet
Tuesday, 11 December 2018
Alternatif Pengganti Nasi, Cocok Untuk Diet

Untuk orang-orang yang sedang melakukan diet dalam pola makan, maka mereka akan cenderung mengurangi nasi. Nasi dihindari karena dapat membuat tubuh menumpuk lemak dan gula dalam tubuh. Sebagai pengganti nasi, pilihlah makanan dari jenis karbohidrat kompleks. Makanan berkarbohidrat kompleks, akan membantu tubuh mengontrol gula darah sehingga nafsu makan jadi lebih terkontrol.

1. Oatmeal

Banyak anda temukan bahwa orang-orangyang sedang menjalani program diet akan mengatakan bahwa oatmeal adalah satu makanan yang rutin mereka konsumsi. Oatmeal memang lezat dijadikan sarapan yang bernutrisi, dipadukan dengan buah-buahan, madu, coklat dan yang lainnya. Oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sebagai makanan pengganti nasi, oatmeal memiliki efek kesehatan yang menguntungkan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

 

2. Kentang

Kentang merupakan salah satu alternatif makanan pengganti nasi yang menjadi favorit banyak orang. Kentang mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi daripada beras. Agar tetap bergizi, jika ingin mengonsumsi kentang dengan lebih lezat, pilih bumbu yang rendah kalori dan sehat seperti bawang putih atau minyak zaitun sebagai pendampingnya.

 

3. Beras Merah

Sebagai makanan pengganti nasi putih, beras merah atau nasi merah memang sangat dianjurkan untuk orang yang sedang menjalani diet. Beras merah juga memiliki kandungan antioksidan. "Per 100 gram, beras merah memiliki tujuh gram protein dan dua gram serat, karena lebih banyak serat nasi merah akan lebih membuat perut kenyang" ujar Simone Austin, ahli diet terakreditasi dan juru bicara untuk Asosiasi Dietitan Australia, seperti dikutip The Huffington Post Australia.

 

4. Ubi

Sama seperti kentang, jenis umbi-umbian yang manis ini juga baik sebagai pengganti nasi. Ubi yang berwarna kuning atau oranye mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga cocok sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu ubi juga kaya magnesium dan mangan yang meningkatkan kesehatan jantung serta tulang. Belum lagi karotenoid, antioksidan yang ampuh melawan penuaan dan mencegah kanker. Ubi bahkan sebenarnya lebih baik daripada kentang karena lebih rendah gula.

 

Source