Bekerja Bisa Menyebabkan Penuaan?!
Monday, 07 January 2019
Bekerja Bisa Menyebabkan Penuaan?!

Seiring berjalannya waktu usia kita pasti bertambah, namun siapa sih yang tidak ingin awet muda selamanya? Terlebih lagi kalau menyangkut soal penampilan. Selain pola makan dan tidur yang menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini, bekerja juga bisa mendorong faktor penampilan kita lho.

1. Stress

Stres berlebihan bisa menyebabkan perubahan pada DNA dan sel-sel di dalam tubuh Anda. Mengutip Huffington Post, sebuah studi dalam jurnal PLoS ONE dari tahun 2012 menunjukkan bahwa stres akibat pekerjaan bisa mengakibatkan memendeknya sebuah senyawa DNA pembentuk sel bernama telomeresTelomeres yang terlalu pendek akan kemudian mengakibatkan matinya sel tersebut yang berujung pada timbulnya proses penuaan dini. 

2. Radiasi Sinar UV

Bila pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk bekerja terus diluar ruangan, ini bisa menjadi penyebab masalah penuaan dini anda. Sinar UVA dan UVB yang buruk bagi kulit dapat menimbulkan bintik-bintik hitam yang semakin lama akan menumpuk di kulit. Selain itu radiasi sinar UV laptop dan hp akan sangat berdampak terutama bila anda dalam jangka waktu yang lama berada di depan layar tersebut.

Tentu saja penggunaan sunblock atau sunscreen sangat diperlukan, dengan spf minimal 30 PA+++.

3. Pendingin Ruangan

Ruangan ber-ac memang merupakan salah satu fasilitas yang disediakan perusahaan agar para pegawainya merasa nyaman. Namun berada di ruangan ber-ac terlalu lama juga akan mengakibatkan kadar air dalam kulit kita menguap dan menyebabkan kulit kita kering. Keringnya kulit kita dapat mengakibatkan kerutan-kerutan dapat muncul lebih mudah dan cepat.

Salah satu triknya adalah Anda dapat menyemprotkan facemist ke wajah Anda agar wajah tetap lembab selama bekerja.

 

Source