Main Instagram Rusak Kesehatan Mental?
Tuesday, 15 January 2019
Main Instagram Rusak Kesehatan Mental?

Di dalam popularitasnya, Instagram berhasil mendapat tempat tersendiri di tengah-tengah aktifitas masyarakat tanpa kita sadari. Namun menurut penelitian, ternyata Instagram mendapat predikat sebagai media sosial terburuk untuk dampak kesehatan mental masyarakat terutama kaum remaja. 

Kesimpulan ini dibuat berdasarkan penelitian yang dibuat di inggris pada 1500 orang yang berusia antara 14 hingga 24 tahun dimana mereka diberikan pertanyaan dan memberi peringkat pada 5 platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Snapchat, YouTube dan Twitter.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan berkaitan dengan pribadi para partisipan. Seperti kualitas tidur, kecemasan, depresi, rasa takut tertinggal dari yang lain, dan bahkan pandangan terhadap citra tubuh sendiri.

Setelah dilihat hasilnya ternyata Instagram berada di urutan teratas sebagai aplikasi paling berbahaya terhadap kesehatan mental. Salah satu alasannya adalah, Instagram membuat para wanita dan gadis-gadis muda merasa tidak percaya diri dengan tubuh mereka sendiri, berkat unggahan foto-foto influencer yang tampak memiliki penampilan sempurna. Dorongan untuk terlihat sempurna dari Instagram begitu kuat sehingga remaja dan dewasa muda menghabiskan banyak waktu untuk memilih filter yang benar dan kalimat keterangan yang unik demi meraup lebih banyak tanda suka dan komentar.

Sedangkan platform media sosial yang memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental peringkat pertama adalah Youtube dan kedua adalah Twitter. Walaupun media sosial memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan terdapat banyak pula hal-hal positif yang bisa kita ambil jika kita menggunakan platform media sosial secara bijak.

 

Source