Kenali Gejala Gangguan Mental Pada Anak
Wednesday, 06 March 2019
Kenali Gejala Gangguan Mental Pada Anak

Tahukah Anda bahwa gangguan kesehatan mental dapat menyerang anak-anak?? Pasalnya para penderita gangguan mental tidak mendapatkan perawatan kesehatan yang layak dan semestinya. Hal ini disebabkan para orangtua tidak peka terhadap gejala dan tidak mengetahui bahwa anaknya mengalami gangguan kesehatan mental. Selain itu para orangtua dan masyarakat masih takut dengan stigma negatif yang melekat pada para penderita gangguan mental.

 

Banyak orang tua yang khawatir saat sang buah hati diberi label gangguan mental. Mereka takut label itu akan terbawa hingga masa remaja dan dewasa. Berakhir pada ketakutan itu membuat orang tua enggan menyelesaikan masalah dan membawa sang anak kepada pihak yang tepat.
 

Masalah kesehatan mentalseharusnya diketahui sedini mungkin dan orangtua harus lebih sering bertanya terhadap anak-anak mereka. berikut ini gejala yang dapat Anda perhatikan antara lain:

1. Perubahan suasana hati yang berubah signifikan.
2. Perubahan perilaku yang signifikan, seperti gagal dalam proses belajar di kelas.
3. Muncul rasa takut dan khawatir berlebih.
4. Kehilangan minat pada orang, benda, dan aktivitas yang biasa diminati.
5. Kesulitan berkonsentrasi.
6. Kurang merawat diri.
7. Kesulitan memulai atau mempertahankan hubungan sosial.
8. Muncul gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, perubahan nafsu makan, dan penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba.
9. Perilaku merugikan diri sendiri.

Jika tak yakin atas apa yang dilihat, maka orang tua harus melihat dari dua sisi, yakni tingkat keparahan dan durasi. Menurut ahli, setiap anak akan mengalami fase gangguan mental yang bersifat sementara.  Namun jika gejala ini bertahan selama beberapa pekan, Anda patut waspada dan bertanya pada ahli psikiatris.

 

Source