Cara Mendisiplinkan Balita Yang Suka Memukul
Friday, 08 March 2019
Cara Mendisiplinkan Balita Yang Suka Memukul

Menurut seorang pakar, balita memukul dikarenakan ia menganggap hal tersebut sebagai bagian dari permainan atau terlalu terstimulasi dengan sesuatu sehingga meluapinya dengan pukulan. Balita juga memukul temannya apabila ia merasa frustasi atau marah. hal ini dikarenakan mereka belum mampu untuk mengelola emosi mereka dengan baik dan benar.

1. Beri dia arahan sebelum bermain dengan anak lain

Bicarakan pada anak anda cara bermain yang tepat dan bantu dia untuk mempelajari mana yang benar dan mana yang salah. Sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami, misalnya, “Sesama teman harus saling sayang,” atau “Kalau main gantian, ya.”

2. Awasi anak anda dan siap bereaksi cepat

Sering kali anak bermain yang awalnya menggembirakan malah berakhir dengan teriakan atau tangisan. Bila anda melihat anak anda memukul temannya segera hampiri dan cari tahu penyebabnya. Katakan padanya, “Kalau kamu mukul, temanmu nanti sakit. Main bersama, ya.” Apabila masalahnya adalah karena berebut mainan, coba bagikan mereka masing-masing mainan agar bisa bermain kembali.

3. Mengeluarkan ia dari perkumpulan

Bila cara sebelumnya tidak berhasil, keluarkan anak anda dari perkumpuln dan larang anak anda untuk bermain saat itu juga. hal itu memberikan dia pelajaran bahwa jika ia memukul ia akan merusak semua kegiatan. Setelah itu ajaklah anak anda bicara dengan tenang.

4. Tetap tenang jangan emosional

Anda tidak perlu menjadi terlalu reaktif ketika si kecil memukul temannya. Perlihatkan wajah tenang namun tegas. Gunakan kata-kata lugas seperti, “No, tidak boleh memukul!” sambil melerai mereka agar sang teman tidak membalas. Ini akan membuatnya berpikir bahwa memukul tidak diperbolehkan dan tindakannya adalah sesuatu yang salah.

 

Source