Ternyata Kecerdasan Anak Diturunkan Dari Ibu!
Tuesday, 19 March 2019
Ternyata Kecerdasan Anak Diturunkan Dari Ibu!

Siapa sih orangtua yang tidak ingin memiliki anak-anak yang cerdas? Meskipun kecerdasan dapat diperoleh dengan ketekunan anak belajar kelak, namun kecerdasan otak anak dapat berpengaruh dalam proses belajarnya. Pepatah 'Buah jatuh dari pohonnya' memang benar adanya, beberapa  orang beranggapan bahwa kecerdasan anak diperoleh dari kedua orangtua namun penelitian membuktikan bahwa hal tersebut ternyata tidak benar.

Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa ibu yang cerdas berpeluang besar melahirkan anak yang cerdas pula. Kita tahu bahwa kecerdasan memiliki komponen turun-temurun, tetapi tergantung pada ayah maupun ibu. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak lebih cenderung mewarisi kecerdasan dari ibu, karena gen kecerdasan berada pada kromosom X.

Selain genetika, penelitian lain mengungkapkan bahwa ibu memainkan peran penting dalam perkembangan intelektual anak-anak, melalui kontak fisik dan emosional. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikatan yang aman terkait erat dengan kecerdasan.

 

Source