Minum Air Putih Terlalu Banyak Menyebabkan Keracunan?
Wednesday, 20 March 2019
Minum Air Putih Terlalu Banyak Menyebabkan Keracunan?

Anda pasti seringkali mendengar bahwa kita harus selalu minum air putih yang cukup dengan anjuran minimal 1,5 liter setiap harinya, namun pernahkah Anda mendengar bahwa terlalu banyak minum air putih juga memberikan dampak buruk?

Walau pada faktanya masyarakat di Indonesia lebih jarang mengonsumsi air putih sebanyak hingga memenuhi kebutuhan air minimal, ada baiknya Anda juga mengetahui bahaya yang ditimbulkan akibat minum yang terlalu banyak. Seperti yang telah kami rangkum dilansir dari Okezone.

1. Hyponatremia

Hal ini disebabkan oleh menumpuknya cairan yang ada di dalam tubuh Anda dan menyebabkan keracunan.

2. Gangguan Jantung

Konsumsi air berlebihan dapat menyebabkan volume darah meningkat sehingga memberatkan kerja jantung. Hal ini berdampak buruk pada peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang bisa berakibat gangguan jantung serius.

3. Pembengkakan Sel Tubuh

Asupan air yang terlalu banyak menyebabkan pengenceran darah sehingga kadar elektrolit lebih rendah dari yang ada di dinding sel. Guna mengembalikan keseimbangannya, air akan mengisi sel tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan. Dalam kondisi terburuk, hal ini mengakibatkan masalah serius, seperti kejang dan mual.

4. Gangguan Ginjal

Minum  air putih yang cukup memang sangat membantu kerja ginjal Anda, namun bila Anda minum air terlalu banyak ini malah akan menyebabkan hal yang sebaliknya. Pengenceran darah yang terjadi membuat ginjal tidak mampu menyaring sampah dengan baik untuk menjaga keseimbangan natrium. Hal ini menyebabkan kelelahan, mual, dan sering buang air kecil.

5. Buang Air Kecil Berlebihan

Terlalu banyak asupan air membuat saluran kencing bekerja lebih keras. Hal ini berdampak pada meningkatnya frekuensi air seni. Selain itu, hal ini berdampak pada dehidrasi karena terlalu banyak cairan yang terbuang bersama urine.

 

Jadi V Listeners, minumlah air putih secukupnya yaa.. tidak kurang dan tidak berlebihan.

 

Source