Kesalahan Saat Mencuci Wajah Bikin Anda Tampak Tua
Tuesday, 26 March 2019
Kesalahan Saat Mencuci Wajah Bikin Anda Tampak Tua

Rasanya hampir setiap orang pasti akan mencuci wajahnya pada malam hari atau pagi hari. Selain memberi efek segar mencuci wajah juga bisa menghilangkan debu, kotoran, makeup dan polusi yang akan membuat wajah Anda lebih cerah. Namun tahukah Anda mencuci wajah dengan cara yang salah hanya akan memberikan dampak yang buruk untuk kulit wajah Anda, seperti menyumbat pori-pori, berminyak dan bahkan kotoran yang menumpuk akan masuk ke lipatan kulit menjadikannya keriput! Waduhh... Nah berikut adalah kesalahan-kesalahan saat mencuci wajah yang telah kami rangkum

1. Hanya mencuci wajah dengan air

Air saja tidak bisa menghilangkan kotoran yang larut dalam minyak seperti makeup dan sebum yang berlebih. Selain itu, membersihkan wajah dengan air hangat atau panas bisa mengeringkan kulit.  

2. Mengeksfoliasi wajah setiap hari

Melakukan eksfoliasi setiap hari hanya akan membuat kulit wajah Anda semakin tipis, iritasi, merah dan mudah ditumbuhi jerawat.  Gunakanlah eksfoliasi sebanyak seminggu sekali agar wajah tetap bersih dan seimbang.

3. Menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah

Sabun mandi bisa menguras minyak alami pada kulit wajah, membuat kulit terasa meregang dan lebih kering daripada sebelumnya. Lagipula, sabun mandi akan mengganggu pH alami pada kulit.

4. Hanya mencuci wajah pada malam hari

Anda pasti berpikir membersihkan wajah cukup dilakukan setelah kita melakukan banyak aktivitas, tapi mencuci wajah di pagi hari juga sangat membantu menghilangkan sebum, minyak dan kotoran dari rambut.

5. Hanya mencuci wajah pada pagi hari

Sama seperti kebalikannya, melakukannya pada malam hari pun wajib. Sisa makeup, minyak, kotoran, dan polusi menumpuk di wajah sepanjang hari, sehingga perawatan wajah malam hari itu perlu.

6. Membasuh wajah dengan air yang terlalu panas

Hati-hati, air yang terlalu panas bisa membuat kulit wajah jadi kering dan memecah jaringan dan kulit wajah yang halus. Lebih baik gunakan air hangat suam-suam kuku untuk membasuh wajah.  

7. Menggunakan sabun cuci muka apa saja 

Pastikan menggunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kulit kering, normal, berminyak, atau kombinasi, masing-masing punya kebutuhan yang berbeda.  

8. Mencuci muka lebih dari 3 kali sehari

Membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka juga tidak baik dilakukan lebih dari 3 kali sehari. Memang terkesan lebih bersih dan higienis namun akan menyulitkan penyeimbangan ph kulit.

 

Source