Ini Cara Atasi Anak Yang Kecanduan Main Game Online
Tuesday, 26 March 2019
Ini Cara Atasi Anak Yang Kecanduan Main Game Online

Perkembangan teknologi membuat manusia lebih mudah mengakses informasi, tidak hanya itu manusia juga sangat bergantung dengan dunia digital. Seperti halnya menghibur diri dengan permainan online, anak dengan mudahnya kecanduan dengan gadget.

Setelah sebelumnya kita bahas apakah game online berdampak buruk atau baik terhadap anak-anak, kini mari kita bahas cara membatasi anak dalam bermain game online.

1. Quality time dengan anak

Game online merupakan pelarian yang baik untuk menghilangkan kebosanan anak Anda, untuk itu alihkan lah perhatiannya terhadap game online dan Anda pun harus memberikan lebih banyak atensi kepada anak Anda. Salah satu contohnya adalah seperti mengajak anak nonton dibioskop, belajar bersama dan bermain bersama dirumah. Supaya anak lupa untuk bermain game online sendiri.

2. Membatasi waktu main game

Buatlah perjanjian batas waktu anak dapat bermain game online, seperti satu jam atau duajam sehari. Perjanjian bisa membantu anak anda untuk belajar tertib, disiplin dan menepati janji.

3. Menambahkan aktivitas

Tidak ada salahnya jika orang tua menambahkan aktivitas anak diluar sekolah. Seperti les Bahasa asing dan mengikuti kegiatan estrakurikuler disekolah. Aktivitas ini akan membantu mereka untuk melupakan game online mereka.

4. Pergi liburan atau hangout

Mengajak anak liburan ke tempat yang banyak dikunjungi orang seperti pantai, taman, kebun binatang ini akan membantu anak untuk melupakan permainan game onlinenya. Mengajak anak pergi liburan membuat mereka melihat keadaan di sekelilingnya dan bisa bersosialisasi dengan orang-orang baru. Tidak hanya bersosialisasi, mereka juga bisa menghirup udara yang segar.

 

Source