Ini Tips Berbagi Tugas Mengasuh Dengan Suami
Monday, 22 April 2019
Ini Tips Berbagi Tugas Mengasuh Dengan Suami

Mengasuh dan mendidik anak itu tidak selalu menjadi tugas istri lhoo, namun salahnya pola pikir masyarakat kita adalah semua yang berkaitan dengan anak dan rumah tangga merupakan tanggung jawab seorang istri. Selain bekerja untuk mencari nafkah, suami juga memilik andil penting dalam mengurus dan mendidik anak.

Banyak hal yang bisa digunakan untuk bekerjasama dalam mengurus sang anak bersama dengan suami. Karena itu akan berpengaruh dalam proses pembelajaran sang anak menuju dewasa tentang artinya kerjasama dalam setiap kehidupan serta tidak hanya mengandalkan seseorang saja.

Membuat Pembagian Tugas Suami dan Istri

Buatlah pembagian tugas untuk mengurus sang anak disaat sang suami lagi santai serta tidak ada pekerjaan yang menganggu aktifitasnya dengan berkomunikasi. Misalnya istri lagi belanja dan suaminya menjaga serta mengurus anak.

Ajarkan Anak Tanggung Jawab

Dengan mengajarkan tentang tanggung jawab kepada anak itu adalah tanggung jawab sebagai orangtua dalam mendidik pola pikirnya. Bagaimana untuk bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan oleh sang anak. Misalnya mengajarkan tanggung jawab mengerjakan sebuah PR (Pekerjaan Rumah) sekolah dengan ditemani oleh orangtua.

Ajarkan Sikap Tegas Pada Anak

Sebagai seorang kepala rumah tangga, ayah harus bisa mengajarkan sikap tegas terhadap anak-anaknya. Hal ini akan mempengaruhi sikapnya nanti saat sudah dewasa terutama bila sang buah hati itu seorang laki-laki. Tetapi tidak mengajarkannya sikap tegas dengan cara kasar.

Jangan Lupa Kasih Sayang

Mengasuh dan mendidik anak tidak akan berhasil tanpa adanya kasih sayang yang tulus. Gunakanlah pendekatan yang lembut pada anak Anda dan jangan hanya melarang-larangnya atau membentaknya, namun berikan juga alasan mengapa ia harus melakukan sesuatu atau harus tidak melakukan sesuatu.

 

Ingat ya V Listeners, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Anak akan meniru apa yang orangtuanya lakukan, jadi sebisa mungkin jadilah sosok yang baik dan bisa anak-anak Anda contoh.

 

Source