Ini Dia Tips Mendidik Anak Perempuan Agar Tangguh
Thursday, 25 April 2019
Ini Dia Tips Mendidik Anak Perempuan Agar Tangguh

Semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya bukan? Terutama anak perempuan karena Anda menginginkan yang terbaik untuknya dan ingin selalu melindunginya. Namun pada era ini  masyarakat masih saja mengesamping peran dan suara perempuan. Bila tidak di persiapkan sejak dini, mental anak Anda bisa tidak tangguh dan kurang mandiri.

Nah berikut telah kami rangkum beberapa tips dengan nilai pemberdayaan dan kesetaraan gender:

1. Tanamkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah modal utama untuk membentuk kepribadian anak perempuan. Jadi usahakan untuk menanamkan kepercayaan diri, bukan keraguan.

Hindari penggunaan kalimat teguran negtif dan usahakan dukung hal-hal yang sekiranya merupakan minat dan bakat Anda. Gunakan  kalimat-kalimat membangun yang positif dan juga pujian.

2. Kembangkan Minat dan Bakat

Ingat, yang terpenting adalah memberi kesempatan bagi putri Anda untuk menjelajahi berbagai kesempatan. Kemudian, percayakan anak untuk menentukan sendiri bidang apa yang paling diminati dan dikuasainya.

3. Ajari Anak Mengambil Keputusan

Mendidik anak perempuan bukan berarti mendikte segala keputusan untuknya. Justru Anda perlu melatih kemampuannya mengambil keputusan. Suatu hari nanti, anak akan tumbuh jadi wanita yang berpendirian dan bertekad. Tak melulu bergantung pada orang lain untuk menentukan pilihan baginya.

 

Source