Anak Main Hujan? Jangan Takut, Ini Tipsnya
Monday, 20 May 2019
Anak Main Hujan? Jangan Takut, Ini Tipsnya

Anak-anak pada dasarnya memang senang bermain air, tidak hanya di kolam renang anak-anak pun juga suka hujan-hujanan. Namun Anda kerap kali melarangnya bermain hujan agar ia tidak jatuh sakit. Nah agar anak Anda bisa merasakan pengalaman main hujan, ada baiknya Anda mengizinkannya sesekali sambil menerapkan tips berikut, supaya terhindar dari sakit.

Main hujan sering kali membuat anak sakit. Ini terjadi karena udara dingin dapat menurunkan suhu tubuh sekaligus sistem kekebalan tubuh sehingga anak jadi lebih mudah sakit. Salah satu jenis virus, yaitu Rhinovirus, berkembang sangat baik di dalam tubuh manusia ketika suhu tubuhnya menurun. Begitu sistem imun menjadi lemah dan kalah melawan virus ini, anak bisa terkena sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan demam.

1. Pastikan anak benar-benar sehat

Sebelum memberi izin pastikan dulu untuk memeriksa kondisi badan anak. Karena mengizinkan anak bermain hujan saat kondisi tubuh lemah justru dapat mengakibatkan anak terserang penyakit berat.

2. Awasi anak dalam jangkauan

Membiarkan anak main hujan-hujan tanpa pengawasan, memang membuatnya mengeksplorasi lingkungan lebih bebas, namun dapat meningkatkan risiko anak bermain menjauh dari rumah atau di area yang kurang aman, seperti jalanan yang licin, terjal, atau jalan sering dilewati kendaraan.

3. Jangan terlalu lama

Main hujan terlalu lama, bisa membuat tubuh anak kedinginan dan gampang sakit. Jadi berikan batas waktu untuk anak jangan sampai ia main terlalu lama.

4. Siapkan baju ganti hangat dan langsung mandi

Segera basuh anak Anda menggunakan air hangat sehabis bermain hujan. Air hujan diketahui sudah mengandung polutan dan dapat bersifat asam hal ini sangatlah buruk bagi si kecil. Pastikan seluruh badannya kering dan siapkan baju ganti baru yang bersih.

5. Siapkan makanan/minuman hangat dan asupan vitamin

Pastikan anak Anda mengonsumsi makanan atau minuman hangat agar badannya tidak masuk angin dan menjaga suhunya tetap hangat. Jangan lupa beri ia asupan vitamin agar tetap fit.

 

Source