Waspada Makanan Berbahan Ganja!
Monday, 01 July 2019
Waspada Makanan Berbahan Ganja!

Semakin hari modus peredaran narkoba jenis ganja kian beragam. Ganja tidak lagi dijual dalam bentuk kiloan atau 'garisan', tetapi juga dijajakan dalam bentuk makanan. Tentu kita harus mewaspadai peredaran makanan berbahan ganja ini.

Menurut pengakuan Muhammad Ibrahim Adil, mantan pengguna narkoba asal Depok, makanan berbahan ganja sebetulnya sudah menjadi sesuatu yang lumrah bagi masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia. Pertengahan tahun lalu, petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, berhasil mengamankan paket permen jelly dari Amerika Serikat yang diduga mengandung ganja. Pada temuan itu terdapat dua paket permen berbungkus hijau yang ternyata positif mengandung bahan aktif ganja seberat 227 gram.

Pada 2017 lalu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara mengimbau masyarakat berhati-hati untuk ramuan rempah-rempah yang dijajakan oleh si pedagang, diklaim telah dicampurkan dengan biji ganja. Menariknya, secara kasat mata dan rasa, kuliner yang mengandung ganja ini tidak dapat diketahui. Tapi ia cenderung menimbulkan efek ketagihan bagi pengkonsumsinya.

Tidak hanya permen jelly dan bumbu rempah, rumor yang satu ini menyebutkan kue kering dan brownies seringkali mengandung ganja. Bahkan pada 2015, Polres Jakarta Selatan berhasil menemukan modus peredaran ganja terbaru menggunakan bahan makanan seperti brownies dan cookies. Peredarannya bahkan telah meluas hingga ke sejumlah daerah di Indonesia.

Jadi ada baiknya Anda berhati-hati terhadap makanan atau bahan makanan yang Anda beli yaa V Listeners, dan pastikan tempat Anda membelinya merupakan tempat terpercaya dan berkredibilitas.

 

Source