Rumus Mudah Untuk Makanan Anak
Tuesday, 02 July 2019
Rumus Mudah Untuk Makanan Anak

Jumlah gula dalam makanan bayi harus dibatasi dan orang tua harus memberi anak-anak mereka lebih banyak sayuran untuk mencegah ‘sweet tooth’ dan pembusukan gigi pada anak. Perlu disadari bahwa makanan bayi yang memiliki label ‘Tanpa Gula Tambahan’ pun sering kali mengandung gula dari madu atau sari jus buah. 

 

Royal College of Paediatrics and Child Health merekomendasikan para orang tua untuk mengenalkan rasa pahit pada sayuran sebagai pembiasaan kepada anak. Hal ini akan mencegah dan menurunkan resiko kerusakan gigi, pola makan yang buruk serta obesitas dikemudian hari bagi si kecil. Prof. Mry Fewtrell, Kepala Ahli Nutrisi Royal College of Paediatrics and Child Health, mengatakan bahwa produk-produk pendamping ASI sering kali mengandung buah atau sayur yang rasanya manis. “Bubur bayi dan makanan bayi dalam kemasan juga sering memiliki kepadatan energi serta proporsi gula yang tinggi,” terangnya.

 

“Makanan bayi bisa diberi label ‘tanpa gula tambahan’ jika gula tersebut berasal dari buah. Tetapi dari manapun asal gula tersebut, tetap akan memiliki efek yang sama pada gigi dan metabolisme.”

 

“Bayi sangat ingin mencoba rasa yang berbeda, jika orang tua lebih proaktif soal makanan. Dan penting bahwa mereka diperkenalkan dengan berbagai rasa, termasuk makanan yang lebih pahit seperti brokoli dan bayam dari usia muda.” Jelas Prof. Fewtrell. 

Prof. Fewtrell juga mengatakan orang tua harus dididik tentang dampak gula bagi kesehatan. “Kelebihan gula adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi, yang merupakan penyakit mulut paling umum pada anak-anak, mempengaruhi hampir seperempat (23%) anak usia lima tahun.” Dia menambahkan bahwa asupan gula juga berkontribusi pada anak-anak menjadi kelebihan berat badan dan obesitas.

Menurut Komite Penasihat Ilmiah tentang Gizi di UK, merekomendasikan bahwa asupan gula sehari tidak boleh lebih dari 5% dari total asupan energi harian untuk anak-anak yang berusia dua tahun ke atas, dan bahkan lebih sedikit dari itu untuk anak di bawah dua tahun.

 

Source