3 Trik Temukan Bakat Anak Sejak Dini
Tuesday, 16 July 2019
3 Trik Temukan Bakat Anak Sejak Dini

Mengetahui bakat dan minat anak sejak dini dapat membantu arah tumbuh kembangnya. Mengenal bakat anak adalah agenda penting yang harus dikerjakan oleh orangtua. Dengan mengenal bakat anak, orangtua bisa membantu anak mengembangkan karier di masa depannya. Berikut telah kami rangkum beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk temukat bakat dan minat anak Anda:

1. Sediakan ruang khusus

Sediakan ruang khusus untuk anak mengeksplorasi minatnya. Jika tak miliki ruang berlebih, bisa menggunakan garasi atau halaman belakang rumah, yang penting anak bisa bebas mengeksplor minatnya.

2. Ajak anak bermain ke luar rumah

Bisa ke kebun binatang, ke taman, ke perpustakaan, atau sesekali ajak juga ke tempat orangtua bekerja. Perhatikan respon anak pada tempat tersebut. Mungkin senang dan berminat. Kalau anak pendiam, tanyakan, apakah senang diajak ke sana atau tidak.

Dari tempat tersebut, orangtua bisa menggali yang manakah minat yang dominan dari 8 kecerdasan anak. Apakah anak senang sesuatu yang berhubungan dengan logika dan matematika, bahasa, musik, spasial, atau olahraga.

3. Sediakan bahan dan alat

Bila sudah ditemukan minat anak, beri bahan dan alat untuk mengembangkan minat anak tersebut. JIka berminat pada musik, misalnya, belikan alat musik, datangkan mentor atau masukan ke kelas musik, atau bergabung dengan komunitas anak-anak penyuka musik.

 

Jadi tidak usah terburu-buru dalam menemukan potensi minat dan bakat anak Anda yaa V Listeners, nikmati setiap momennya bersama si kecil dan perhatikan terus proses tumbuh kembangnya.

 

Source