Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan
Thursday, 08 August 2019
Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

Beberapa perilaku anak kadang membuat kita sebagai orang tua kesal, apalagi jika anak tidak mau mengikuti aturan disiplin yang sudah Anda terapkan di rumah. Mendisiplinkan anak memang sulit, tapi jangan cepat menyerah dengan amarah dan mengambil jalan pintas dengan memukulnya. Pada dasarnya memukul anak tidak akan membuat mereka bertambah disiplin, hanya akan mendapatkan efek kepatuhan sesaat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari pemukulan saat mendisiplinkan anak. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendisiplinkan anak.

 

1. Ambillah waktu jeda

Saat anak mulai nakal dan membuat anda kesal, pasti anda merasa gemas dan ingin memukulnya. Di sinilah pengendalian diri Anda sangat dibutuhkan. Anda bisa menjauhkan diri sejenak dari anak untuk beberapa menit.

 

2. Berikan hukuman yang masuk akal pada anak

Memberi hukuman nyatanya tidak harus melalui kekerasan fisik, Anda bisa menerapkan hukuman yang lebih rasional dan meningkatkan kedisiplinan pada anak.

Misalnya, bila anak suka meloncat ke sana kemari dan tidak bisa diam, buat ia berdiri di pojok selama 10-15 menit.

 

3. Memberi tugas

Saat anak tidak menurut, Anda bisa mengalihkan energi anak kepada tugas-tugas rumah yang lebih bermanfaat. Berikan ia tugas yang penting, bahkan meskipun dia tidak menyukainya. Ketidakpuasan dan minimnya kesenangan saat melakukan tugas rumah tersebut juga merupakan salah satu hukuman baginya.

 

Source