Cara Mengatasi Anak Yang Pemilih Saat Makan
Friday, 09 August 2019
Cara Mengatasi Anak Yang Pemilih Saat Makan

Terkadang sulit sekali ya Vlisteners menghadapi anak yang memilih-milih makanan. Bahkan, banyak sekali kasus di mana anak hanya ingin makan apa yang mereka suka saja. Tidak perlu khawatir lagi! Berikut adalah cara menghadapi anak yang picky eater dikutip dari futureready.com.

1. Tidak Melulu Memasak Apa yang Anak Picky Eater Mau

Baiknya, susunlah menu makanan yang enak tapi bernutrisi tinggi dan jangan ladeni ketika sang anak meminta hidangan selain yang disiapkan. Katakan saja kalau apa yang Anda masak ini adalah menu hari ini dan tidak ada menu lain untuk dimakan. Jika anak memilih tidak makan, tak perlu khawatir. Anda cukup katakan kalau Anda akan menghangatkan makanan yang ada saat sang buah hati lapar.

2. Campur sayuran dengan makanan lain

Anda dapat mengakali ketidaksukaan anak terhadap sayur dengan mencampurnya bersama makanan lain. Anda dapat membuat nugget ayam yang dicampur dengan wortel dan brokoli, misalnya. Dengan begitu, anak akan memakan sayur tanpa penolakan sedikit pun. 

3. Jangan Memaksa Anak Picky Eater Memakan Makanan yang Baru

Mintalah anak untuk mencoba makanan baru dengan satu kali gigitan atau suapan. Lihat responsnya terlebih dulu, kalau anak memuntahkan kembali makanan tersebut, biarkan ia untuk.

tidak melanjutkannya. Hal yang harus kita lakukan adalah mengapresiasi usaha yang anak lakukan karena sudah mau mencoba makanan yang belum pernah ia makan sebelumnya. Di lain kesempatan, Anda bisa menyuguhkan makanan yang sama tapi dengan variasi yang berbeda dan membuat anak tertarik untuk makan.

 

Source