Tips Simpan Daging, Jika Tak Ingin Langsung Konsumsi
Tuesday, 13 August 2019
Tips Simpan Daging, Jika Tak Ingin Langsung Konsumsi

Buat anda yang mempunyai stok daging kurban yang cukup banyak dan tidak langsung diolah menjadi hidangan, tentu saja daging tersebut harus disimpankan?. Nah, ternyata untuk menyimpan daging dalam jangka waktu tertentu ada triknya sendiri. Terutama untuk menjaga kualitas dan tetap awet saat disimpan.

Berikut ini  tips dari Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada untuk menyimpan daging secara tepat.

1. PERHATIKAN WARNA DAGING

Daging merah segar, tidak memiliki bau khas daging adalah tanda bahwa daging memiliki kondisi segar dan bisa disimpan untuk waktu yang lama. Jika daging berwarna gelap, kemungkinan ternak itu kurang sehat sebelum dipotong dan bisa mempengaruhi warna dan keempukan daging.

2. POTONG KECIL SEBELUM DISIMPAN

Sebelum menyimpannya dalam lemari pendingin, lebih baik kita memotong daging lebih kecil. Hal ini akan memudahkan anda nantinya jika ingin memasak daging, terlebih jika kita tak ingin memasak semuanya.

3. SIMPAN DALAM PLASTIK FOOD GRADE.

Hindari penggunaan kantong plastik untuk membungkus daging dalam lemari pendingin. Pilih plastik transparan yang tergolong food grade.

4. PISAHKAN DAGING DAN JEROAN

Jeroan akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan daging. Disarankan untuk menyimpannya dalam plastik dan freezer yang berbeda. Hal ini untuk menghindari kontaminasi silang antara kedua bahan tersebut.

 

Source