Ini Rahasia Menyusun Tumpeng Yang Sempurna
Thursday, 15 August 2019
Ini Rahasia Menyusun Tumpeng Yang Sempurna

Vlisteners, untuk menyambut Hari Ulang Tahun Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, lomba menghias  tumpeng menjadi salah satu lomba yang wajib diadakan. Nah, buat anda yang akan mengikuti lomba ini simak dulu beberapa tips berikut agar tumpeng anda disajikan dengan cantik.

1.MENCETAK NASI

Untuk membentuk nasi jadi kerucut bisa digunakan cetakan kerucut berbagai ukuran yang terbuat dari aluminium atau gunakan cetakan kue jika akan menyusun menjadi bertingkat. Jika mengikuti aturan tradisional Jawa, tumpeng selalu berbentuk kerucut sbeagai simbol, mengarah pada Tuhan. Karenanya buat tumpeng berukuran besar sebagai pusatnya. Baru kemudian buat tumpeng anakan yang lebih kecil untuk kelilingnya.

2. WARNA LAUK YANG KONTRAS

Lauk-pauk tumpeng umumnya punya warna kecokelatan atau merah tua. Karena itu cobalah buat susunan yang menarik, mengelilingi kerucut nasi tumpeng. Misalnya, ayam goreng dan perkedel serta orek tempe punya warna senada, sebaiknya tidak disandingkan. Bisa diselingi dengan sayuran untuk urap yang warna-warni. Warna-warni yang serasi akan membuat tumpeng tampil menarik.

3. HIASAN ALAMI SECUKUPNYA

Buat hiasan dari cabe yang bisa dibentuk bunga atau taburan. Wortel dan lobak bisa dibuat jadi angsa, bunga, atau burung dan anak ayam. Selain mempercantik, hiasan ini juga aman karena dari bahan segar.

4. CITARASA

Sebagian besar nasi tumpeng memakai lauk-pauk dengan rasa gurih. Karena itu usahakan tak berlebihan membubuhi garam. Ini karena nasi kuning dalam tumpeng memakai santan yang juga diberi garam.

 

Source