5 Tips Agar Uang Tak Picu Konflik Rumah Tangga
Thursday, 15 August 2019
5 Tips Agar Uang Tak Picu Konflik Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga tentu saja perlu dilakukan dengan baik agar cashflow tidak berantakan. Karena terkadang tekanan finansial bisa memicu terjadinya konflik. Nah untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini tips agar uang tidak jadi pemicu konflik dalam rumah tangga.
 

1. Pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan
Untuk maju secara finansial, pengeluaran setiap bulan tidak boleh lebih dari pemasukan yang diterima. Satu tanda yang menunjukkan pengeluaran lebih dari pendapatan, adalah saat Anda tidak bisa membayar kartu kredit secara penuh pada akhir bulan. Atau saat harus berutang kembali untuk menutupi tagihan bulanan.

2. Tahu pasti kebutuhan bulanan
Gunakan aplikasi pencatat pengeluran untuk mulai mengukur pengeluaran pasti keluarga Anda. Cobalah selama sebulan untuk memperkirakan uang untuk kebutuhan pokok, tagihan, atau barang-barang lainnya pada bulan berikutnya. Atau gunakan cara tradisional dengan membuat beberapa post pengeluaran menggunakan amplop.

3. Berpikir jernih sebelum membeli
kita sering menghabiskan lebih banyak uang ketika kita sedang emosional. Jadi, sebelum membeli barang pastikan untuk meredam emosi dan berpikir dengan jernih untuk mempertimbangkan apakah memang barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

4. Hindari berhutang
Jika satu-satunya cara untuk membeli suatu barang, adalah dengan menggunakan kartu kredit atau penawaran bebas bunga, maka itu mungkin pertanda bahwa Anda tidak mampu membeli barang tersebut. Jadi, jangan beli barang tersebut. Tunda sampai memiliki uang, dan tidak perlu memaksakan diri hingga harus utang.

5. Suami-istri harus terbuka
berusahalah terbuka dengan pasangan saat Anda membeli barang apapun, jangan menurunkan atau mengubah harga untuk mencegah kesalahpahaman keuangan di dalam rumah tangga.
 

 

 

Source :