Anak Dapat Nilai Jelek? Jangan Marah
Monday, 26 August 2019
Anak Dapat Nilai Jelek? Jangan Marah

Memiliki anak pintar dan berprestasi bisa dibilang adalah impian dari seluruh orangtua yah,  meski kenyataannya tak jarang banyak anak yang tak selalu mendapatkan nilai yang terbaik didalam kelas. Tak jarang ada orang tua yang menganggap anak dengan dapat nilai jelek itu sebagai anak gagal. Namun, apakah respons seperti itu merupakan tindakan yang tepat?

Dibandingkan marah-marah, mungkin cara ini dinilai lebih efektif dalam menyingkapi si kecil yang mendapatkan nilai kurang memuaskan : 

Beri Apresiasi

Nilai yang jelek bukan berarti anak tidak berusaha belajar. Bisa jadi ada alasan lain yang membuatnya memperoleh nilai buruk. Misalnya, ternyata soal yang keluar berbeda dengan materi yang dipelajarinya selama ini. Oleh karena itu, anda  perlu memberikan apresiasi atas usaha belajar yang telah dilakukan anak. Jangan lupa untuk menyemangati si kecil juga yah

Dengarkan Curhatannya 

Mendengarkan keluh kesah anak bisa menjadi penilaian kita untuk menghadapinya. Dari situ, kita bisa mengerti problem yang mereka hadapi. Tak menutup kemungkinan kalau problem tersebut bisa menjadi ganjalan nilai sekolahnya.

Setia Mendampingi Anak Belajar

Mendampingi waktu belajar anak bisa menjadi hal-hal yang menyenangkan untuk anda dan si kecil karena ia merasa ditemani.  Hal ini juga bisa membuka pikiran anda apakah soal yang mereka kerjakan terbilang sulit atau tida. Cara ini juga bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih mendatangkan guru les atau tidak.

Nah itu tadi hal yang bisa abda terapkan untuk menghadapi anak yang mendapatkan nilai buruk. So, jangan marah-marah dulu yah.

 

Source