Cara Menyimpan Ikan Segar Agar Tak Mudah Busuk
Monday, 02 September 2019
Cara Menyimpan Ikan Segar Agar Tak Mudah Busuk

Setiap orang perlu tahu tips yang benar menyimpan ikan di dalam kulkas, karena ternyata menyimpan di dalam kulkas juga tak bisa sembarangan. Berikut caranya.

1. Simpan dalam rendaman es batu

Jika sering melihat penjual ikan menyimpan ikan-ikan mentah mereka di dalam kotak sterofoam berisi es batu, hal itu dilakukan bukan tanpa alasan. Cara ini membantu menjaga kesegaran ikan. Terbiasa hidup di air dingin, akan membuat ikan cepat membusuk jika dibiarkan di suhu udara yang hangat.

2. Bersihkan dahulu dan keringkan

Sebelum disimpan, cuci bersih, buang sisik dan keluarkan perut ikan. Setelah dicuci bersih, ikan segar dikeringkan dengan tisu kertas, baru simpan di dalam wadah tertutup. Simpan dalam plastik satuan, jangan menumpuk ikan.

3. Di dalam freezer

Setelah dikemas dalam plastik satuan, masukkan ke dalam freezer untuk penyimpanan jangka panjang. Suhu dingin di dalam freezer akan menjaga kesegaran ikan hingga 3 bulan lebih. Tempelkan tanggal memasukkan ikan sehingga bisa memperkirakan berapa lama ikan sudah berada di freezer.

4. Jangan dimasukkan setelah dikeluarkan

Jika ikan beku telah dicarkan di suhu ruang, lebih baik tidak disimpan lagi dalam waktu lama di dalam kulkas karena dikhawatirkan akan menimbulkan kontaminasi bakteri dan membuat ikan membusuk. Segera olah jika sudah dikeluarkan.

 

Source