Ternyata Menggunakan Pisau Ada Caranya Lho!
Tuesday, 03 September 2019
Ternyata Menggunakan Pisau Ada Caranya Lho!

Buat anda yang suka memasak didapur ternyata harus memperhatikan teknik menggunakan pisau untuk mengolah bahan makanan, lho. Jangan sampai kesalahan saat menggunakan pisau malah membahayakan diri anda sendiri. Nah, berikut ini cara yang bisa anda gunakan untuk memakai pisau dapur saat memasak :

1. Mencincang

Cara memegang pisau yang benar ketika mencingcang adalah letakan jari tengah, jari manis dan kelingking di pegangan pisau. Memegang bahan makanan yang akan di cincang juga sama pentingnya agar jarimu tidak teriris. Pegang bahan dengan seluruh jarimu, lalu tekukan sedikit sehingga bahan makanan terkunci dan siap dicincang. Gerakan jari kebelakang sedikit demi sedikit ketika bahan makanan mulai dicincang.

2. Memotong Dadu

Istilah ini adalah memotong bahan makanan seperti bentuk dadu, teknik ini dilakukan agar bentuk bahan makanan terlihat cantik dan proporsional. Cara melakukannya adalah potong makanan menjadi beberapa potong berbentuk persegi panjang, kemudian letakkan berdampingan dan potong berbentuk dadu dengan ukuran sesuai selera.

3. Mengiris

Letakkan buah bulat atau sayuran pada talenan dengan bagian sisi sehingga kedua ujungnya sejajar pada papan. Posisikan pisau di dekat salah satu ujung buah dan dorong lurus bilah ke bawah untuk memotong ujung buah atau sayuran. Dirikan buah di salah satu ujung buah untuk menahannya stabil saat diiris. Tahan pisau kupas ke bagian atas buah atau sayuran dan iris buah ke bawah.

Hal diatas tadi mungkin bisa anda praktikan saat menggunakan pisau untuk memasak. Namun sebelumnya jangan lupa untuk mengasah dan membersihkan pisau sebelum digunakan.

 

Source