Cara Buat Anak Lepas dari Gadget
Thursday, 05 September 2019
Cara Buat Anak Lepas dari Gadget

Ada banyak alasan mengapa orang tua memberikan gadget pada anak-anaknya. Salah satunya menjadikan perangkat sebagai digital sitter atau pengasuh bagi anak mereka. Tapi hal ini justru memebuat anak susah lepas dari gadget dan menjadi kecanduan serta cenderung tidak memiliki sikap empati. Berikut ini beberapa cara untuk mengalihkan perhatian anak agar terlepas dari gadget dan menanamkan empati pada anak sejak dini.

1. Memelihara hewan di rumah

Selain mengusir rasa kesepian, memelihara hewan seperti kucing ternyata dapat memiliki berpengaruh positif bagi anak-anak. Studi di Inggris menunjukkan, anak yang memelihara binatang memiliki kemampuan sosial yang lebih baik. Sedangkan periset dari New Mexico menyimpulkan, memelihara binatang mampu mengembangkan sisi empati pada anak.

2. Mengajarkan anak berdonasi

Rasa empati anak juga bisa berkembang dengan cara mengajarkan anak untuk berdonasi. Ada banyak cara untuk mengajarkannya berdonasi. Salah satunya menyumbangkan mainannya yang sudah tidak digunakan. Ajaklah si kecil untuk memilah mainannya sendiri. Anda bisa memberikannya dua kotak besar yang bertuliskan "disimpan" dan satu lagi ditulis "didonasikan.

3. Ajak si kecil belajar mencintai alam

Menumbuhkan sikap empati pada anak tidak hanya untuk orang-orang di sekelilingnya, tetapi juga untuk lingkungan sekitarnya. Caranya mudah, Anda hanya perlu meluangkan waktu di akhir pekan untuk melakukan wisata edukasi alam. Anda bisa memilih daerah pegunungan yang sejuk, perkebunan buah dan sayur, dan lainnya.

 

Source