Tips Perawatan Gigi Anak
Friday, 06 September 2019
Tips Perawatan Gigi Anak

Kesehatan gigi anak perlu diperhatikan sejak kecil. Meskipun gigi susu yang tumbuh di masa balita akan digantikan dengan gigi tetap, namun gigi susu punya peranan yang besar untuk membantu anak belajar mengunyah dan belajar berbicara. Agar gigi susu si kecil tetap sehat, anda perlu merawatnya segera setelah gigi pertama bayi tumbuh. Beberapa hal di bawah ini dapat anda lakukan untuk merawat gigi susu pada anak.

1. Pilih sikat dan pasta gigi yang lain

Untuk bayi di bawah usia satu tahun, pilih sikat gigi bayi berbentuk Baby Finger Toothbrush yang elastis dan lembut untuk gigi serta gusi bayi. Untuk merawat gigi bayi yang baru tumbuh, anda dapat memilih pasta gigi rendah fluoride dengan ukuran pea size atau bisa juga mengoleskan tipis-tipis pada permukaan sikat gigi.

2. Cara sikat gigi anak yang benar

Selain memilih sikat dan pasta gigi yang tepat, anda juga perlu memperhatikan cara sikat gigi bayi yang benar. Sama seperti sikat gigi pada orang dewasa, sikat gigi bayi juga perlu dilakukan setidaknya dua kali sehari. Sikat gigi pertama pada pagi hari 30 menit setelah si kecil sarapan dan satu lagi setelah si kecil menyusu di malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk menerapkan jadwal yang teratur agar si kecil terbiasa saat dewasa nanti.

3. Batasi konsumsi makanan manis

Anda juga perlu memperhatikan konsumsi makanan manis pada anak. Gula punya kemampuan untuk merusak permukaan gigi. Karena itu, batasi pemberian makanan ataupun minuman manis pada anak. Anda juga bisa memberikan air putih pada anak setelah ia mengonsumsi makanan atau minuman manis.

 

Source