INI ALASANNYA MENGAPA ANAK SULUNG LEBIH DEKAT DENGAN AYAH
Monday, 09 September 2019
INI ALASANNYA MENGAPA ANAK SULUNG LEBIH DEKAT DENGAN AYAH

Di banyak keluarga, anak sulung cenderung lebih dekat dengan ayahnya. Sementara adiknya biasa lebih lengket ke ibunya. Para psikolog menilai pola tersebut sehat.

Psikolog dari Universitas Indonesia, Rini Hildayani, mengatakan  peran ayah memang sangat krusial dalam tumbuh kembang si kecil. Apalagi untuk anak sulung yang sedang berada dimasa ia baru saja menjadi kakak. Disini, peran Ayah bisa   bisa mengajari si sulung soal pentingnya toleransi serta pengendalian stres dan emosi.

Hal ini dinilai sangat penting agar si sulung tak lagi menganggap adik bayi sebagai “ancaman” terhadap eksistensinya. Ayah pula yang bisa mendampingi si kakak belajar berbagi, termasuk dengan sang adik, kelak.

Cara lainnya adalah dengan melibatkan diri dalam aktivitas si sulung. Ayah bisa mulai melakukan tugas yang biasanya dilakukan ibu, seperti memandikan si sulung, menemaninya belajar, menonton televisi bersama, bermain, juga mengisi akhir pekan. Menurut Rini, peralihan tugas itu sebaiknya ayah lakukan sebelum adik bayi lahir, agar si sulung tak memprotes menyikapi perubahan dalam keluarganya. 

 

Source