Tips Memasak Brokoli Agar Tetap Hijau Segar
Tuesday, 17 September 2019
Tips Memasak Brokoli Agar Tetap Hijau Segar

Saat memasak brokoli, satu hal yang seringkali bikin tidak nyaman adalah ketika mendapati brokoli overcooked. Kalau memasaknya terlalu sebentar, masih keras dan berasa mentah. Kalau terlalu lama, warnanya akan berubah menjadi pucat. Untuk memasak brokoli agar tetap tampak hijau segar, begini caranya.

1. Gunakan air yang banyak, rebus hingga mendidih dan beri garam

Hal pertama yang perlu di lakukan adalah menyiapkan air rebusan sekitar â…” panci. Volume air yang cukup banyak ini akan membuat brokoli yang sudah matang jadi mengapung. Jadi, anda tidak perlu takut brokoli akan overcooked dan berubah warna. Lalu tambahkan sedikit garam dan aduk rata.

2. Jangan menutup panci saat memasak

Saat proses memasaknya usahakan agar tidak menutup panci atau wajan untuk memasak. Agar gas karbondioksida tidak terjebak di dalam. Selain merubah warna, gas karbondioksida juga dapat membuat brokoli mengeluarkan aroma tidak sedap.

3. Rendam di air es

Jika brokoli sudah matang, segera rendam di air es. Merendam brokoli di dalam air es setelah dimasak bertujuan agar brokoli tetap berwarna hijau cantik dan tekstur renyahnya masih terjaga. Kalau di rumah anda tidak tersedia air es, brokoli bisa direndam di air bersuhu ruangan. Tapi, harus air matang.

 

Source