Pola Asuh Anak Berbeda Dengan Mertua?
Friday, 20 September 2019
Pola Asuh Anak Berbeda Dengan Mertua?

Orang tua atau mertua suka ikut andil dalam mengasuh si kecil? Wah, tentu akan menimbulkan banyak perbedaan antara Mama dan ibu mertua dalam hal pola asuh anak. Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti tips berikut ini:
1. Tetap berpikir positif

Tidak ada salahnya untuk mempercayai si kecil jika diasuh oleh mertua. Ingat, namanya orangtua tentu juga akan menyayangi cucunya dan merawat si kecil dengan penuh cinta. Dengan berpikir positif, Anda juga akan terhindar dari pikiran yang tidak-tidak saat menitipkan si kecil pada mertua. Percayalah bahwa mertua juga memiliki pengalaman yang
baik dalam mengurus anak dan tidak semua pola asuh yang diterapkan juga buruk loh!

2. Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci utama nih. Tidak ada salahnya untuk memberitahukan kepada mertua mengenai pola asuh anak yang Anda terapkan pada si kecil. Jika mertua merasa saat si kecil menangis meminta sesuatu maka harus segera diberikan agar ia bisa diam dan tenang, maka Anda bisa sampaikan bahwa tidak semua keinginan si kecil dapat diberikan dengan mudah karena ini akan membuatnya menjadi pribadi yang manja. Anda bisa menjelaskannya dengan baik.

3. Lakukan negosiasi
Tidak jarang kakek dan nenek akan selalu menuruti apa yang diinginkan oleh sang cucu seperti membelikan es krim atau permen saat si kecil menangis atau hanya sekedar memberikan hadiah. Nah, Anda bisa melakukan negosiasi dengan mertua seperti memberikan hadiah saat si kecil ulang tahun atau naik kelas atau membelikan permen dan es krim seminggu sekali! Ingat, jelaskan secara baik ya. Namun, alangkah baiknya jika si kecil sedang dititipkan pada mertua, Anda sudah menyiapkan makanan dan camilan yang disukai si kecil daripada harus jajan.

 

Source