Tips Atasi Anak Agresif
Friday, 27 September 2019
Tips Atasi Anak Agresif

Vlisteners, kalau saat masih bayi dulu si kecil ngantuk sedikit akan langsung nangis, lapar, nangis, haus, nangis. Sekarang kok, sedikit-sedikit agresif? Seperti ringan tangan, teriak-teriak dan lain-lainnya. Tenang saja, ternyata hal ini bisa dibilang normal lho. Lalu bagaimana cara mengatasi anak agresif? Berikut tipsnya:

 

Respon segera

Ketika si kecil kedapatan menggigit atau memukul orang lain, segera respon dengan tegas, bawa si kecil ke luar atau menjauh dari lawan mainnya. Jelaskan bahwa memukul itu menyakitkan dan kita tidak melakukan itu saat bermain. Penjelasan yang terlalu panjang tidak akan membuat si kecil lebih mudah mengerti. Justru, semakin anak terlibat dalam diskusi panjang, semakin banyak perhatian yang ia dapatkan melalui sikap agresif tersebut.

 

Tidak perlu berteriak

Kadang saat kita menghadapi tindakan agresif anak, justru kitalah yang lebih mudah terbawa emosi, termasuk bernada tinggi dalam merespon teriakannya. Hal ini tentu tidak akan membuatnya jera, melainkan akan membuat anak berpikir bahwa merespon dengan cara agresif itu sah-sah saja.

 

Beri Pujian

Puji si kecil saat ia bisa mengendalikan emosinya. Layaknya ketika langsung menegur saat ia memukul atau menggigit, tunjukkan pula bahwa kita menghargai usaha anak untuk menahan diri dengan tidak marah-marah. Pastikan bahwa si kecil merasa diakui ketika melakukan tindakan yang tepat dan betapa bangganya kita melihat tindakan tersebut, agar ia selalu ingat untuk melakukan tindakan yang benar.

 

Source