Cara Melatih Anak Laki-laki Menghargai Wanita
Tuesday, 01 October 2019
Cara Melatih Anak Laki-laki Menghargai Wanita

Memiliki anak, baik laki-laki maupun perempuan tentu saja memberikan tantangan tersendiri. Namun, salah satu tugas penting orangtua yang memiliki anak laki-laki, tentu saja berharap puteranya kelak bisa biasanya tumbuh menjadi sosok yang pemberani, tangguh, bertanggung jawab, dan dapat menghargai wanita.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengajarkan anak laki-laki agar dapat menghargai wanita. Berikut ini diantaranya :

1. Ajarkan rasa hormat, kebaikan, dan belas kasih pada semua orang

Semua orang pantas mendapatkan rasa hormat, kebaikan, dan belas kasih. Ketika nilai ini ditanamkan pada putra Anda sejak kecil, maka ia akan memandang kebajikan-kebajikan sebagai hak semua orang. Tidak memandang gender apakah dia laki-laki atau perempuan. Ini sangat penting untuk pemahamannya ketika dewasa dan berkumpul dengan masyarakat luas.

2. Berikan dia contoh untuk menjadi sosok pria yang positif dan menghargai wanita

Anak-anak adalah mimik yang luar biasa dari apa yang mereka lihat pada usia dini. Untuk itu, cobalah memberikan dia contoh untuk menjadi pria positif dan menghargai wanita. Peran ayah tentu saja paling dibutuhkan di sini. Bila Anda menemukan sosok pria yang tidak menghormati wanita. Tak ada salahnya bila Anda mendiskusikan hal tersebut pada anak dan mengajarkannya.

3. Libatkan dia dalam keterampilan rumah tangga

Memasak, mencuci, membersihkan, dan membantu pekerjaan rumah seringkali dikaitkan sebagai tugas seorang wanita. Padahal seluruh keterampilan ini juga dapat menjadi tugas seorang laki-laki. Untuk itu, cobalah ajak anak laki-laki untuk belajar melakukan seluruh keterampilan tersebut secara perlahan. Berikan penjelasan padanya bahwa hal itu merupakan tanggung jawab bersama. Tak peduli apakah dia wanita atau laki-laki.

4. Membangun sikap perhatian

Mendorong sikap perhatian sejak kecil dapat membuat anak laki-laki Anda menjadi sosok pria sejati di masa depan. Ini termasuk menghibur atau membantu teman yang membutuhkan, membuka pintu untuk orang lain, dan tindakan kebaikan lainnya. Perilaku ini harus dimiliki oleh setiap anak. Tidak hanya anak laki-laki tetapi juga anak perempuan.

 

source