Cara Membuat Kaldu Simpel & Lezat
Wednesday, 02 October 2019
Cara Membuat Kaldu Simpel & Lezat

Vlisteners, Kaldu yang bagus seharusnya bening dan tidak mengandung banyak lemak. Karena itu, selama perebusan buang kotoran atau lemak yang mengapung di permukaan. Bagaimana cara membuat kaldu yang mudah? Ini dia tipsnya.

Kaldu Sayuran:

Kaldu ini terbuat dari air dan aneka sayuran yang dipotong kasar-kasar.  Sayuran yang dipakai biasanya bawang bombai, 1 batang seledri, 3 batang peterseli, 2 lembar bayleaf, 1 sendok teh merica bulat, dan 1 bh wortel yang dipotong jadi 8 bagian. Semua bahan ini direbus dengan api kecil sampai mendidih dan kaldu tinggal setengahnya. Saring kaldu dan siap digunakan untuk membuat sup.

Kaldu Daging:

Jika ingin membuat kaldu daging yang lezat campurlah 3 liter air dengan 1 kg tulang sapi, 1 bh wortel yang telah dipotong kasar-kasar, 1 sdt merica bulat, masak dalam panci tertutup selama 3-4 jam, sambil sesekali diaduk. Saring kaldunya, sisihkan sayuran dan tulangnya.

Kaldu Ayam:

Untuk membuat kaldu ayam yang lezat, sebaiknya ayam yang dipakai ayam kampung yang tua atau ayam jago. Siapkan 2 liter air, tambahkan bawang bombai, seledri, merica bulat, masak dengan api kecil sampai kaldu tinggal setengahnya. Kemudian saring.

Yang harus diperhatikan:

1.   Pada saat memasak air kaldu, biasanya akan terdapat buih, buanglah buih tersebut, supaya kaldu menjadi jernih.

2.   Setelah proses memasak saring dengan menggunakan kain katun tipis.

3.   Simpan kaldu dalam lemari es. Buang lemak yang membeku.

4.   Jika kaldu dalam jumlah banyak, sebaiknya masukkan kaldu dalam beberapa kantong plastik dan simpan dalam freezer.  kaldu dapat disimpan selama 1 bulan.

 

Source