Stop Gunakan Minyak Goreng Curah!
Thursday, 10 October 2019
Stop Gunakan Minyak Goreng Curah!

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita batal mengeluarkan peraturan perhentian edar minyak curah di pasaran karena kualitasnya belum terjamin dan tidak melewati pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kebijakan itu sebelumnya akan diberlakukan pada 1 Januari 2020.

Minyak curah atau minyak kelapa sawit memang sering digunakan untuk memasak bagi sebagian masyarakat Indonesia. Harganya yang murah serta mudah didapatkan membuat minyak tersebut menjadi pilihan. Meski tidak dilarang, tapi buat anda yang sering menggunakannya harap berhati-hati nih.

Menurut Dokter Gizi Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, sebenarnya  minyak curah baik-baik saja untuk digoreng, akan tetapi  ada catatan yang mesti diketahui public yakni penggunaan kembali minyak curah untuk menggoreng. Menurut dr Dedy, minyak kelapa sawit hanya boleh dipakai 2 kali penggorengan. Jika lebih dari dua kali penggunaan, maka yang terjadi minyak itu jadi sumber penyakit.

Sebuah studi juga dilakukan oleh para peneliti dari University of Illinois, mereka menemukan minyak goreng yang telah mengalami beberapa kali pemanasan dapat meningkatkan metastasis kanker payudara. Metastasis merupakan gerakan penyebaran sel kanker dari organ utama menuju organ tubuh lainnya.

 

Source