Yuk Buat Donat Kentang! Pasti Semua Doyan
Tuesday, 15 October 2019
Yuk Buat Donat Kentang! Pasti Semua Doyan

Biasanya donat suka dijadikan sebagai cemilan saat berkumpul ditemani dengan minuman hangat. Berbagai bentuk, rasa, dan topping pada donat pun kini sangat bervariasi, membuat roti goreng dengan lubang ditengah ini semakin disukai orang banyak.

Ternyata kita bisa membuat sendiri dirumah, lho. Begini caranya :

Bahan – Bahan :

500 gram tepung terigu protein tinggi

4 butir kuning telur

250 gram kentang

100 gram gula pasir

100 gram mentega

100 ml air dingin

50 gram susu bubuk full cream

11 gram ragi instan

1 liter minyak goreng

1/2 sendok teh garam

Langkah Langkah Dalam Cara Membuat Donat Kentang :

Pertama, cuci kentang yang masih segar sampai bersih, kemudian rebus kentang sampai matang dan terasa lunak, lalu kupas kulitnya dan potong kentang menjadi kecil-kecil, tumbuk sampai halus.

Setelah itu masukkan tepung terigu yang sudah disiapkan ke dalam wadah, tambahkan gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan ke dalamnya, kemudian aduk sampai semuanya rata. Lalu masukkan kentang yang sudah ditumbuk halus ke dalam adonan, aduk lagi sampai rata.

Kemudian tambahkan kuning telur dan air dingin, lalu aduk lagi sampai rata. Setelah rata, tambahkan mentega dan garam, aduk dan remas-remas adonannya dengan tangan sampai terasa kalis dan tidak lengket.

Letakkan adonan pada wadah dan tutup dengan menggunakan kain basah, lalu diamkan selama 30 menit agar adonannya mengembang.

Jika sudah mengembang, bentuk adonan donatnya, buat lubang ditengahnya.

Letakkan donat yang sudah dibentuk diatas piring atau wadah yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu diamkan donat selama 20 menit.

Sambil Anda menunggu, panaskan minyak goreng, lalu goreng donat sambil dibolak-balik sampai matang secara merata, dan berwarna kuning kecoklatan.

Tiriskan donat yang sudah matang, kemudian oleskan donat dengan mentega, lalu taburkan meses diatas donat. Selain meses, Anda juga bisa menaburkannya dengan gula halus ataupun taburan yang lainnya.

 

Source