Begini Cara Atasi Depresi Pada Anak
Friday, 18 October 2019
Begini Cara Atasi Depresi Pada Anak

Vlisteners, depresi bukanlah lagi kata yang asing untul kita dengar. Menurut kementrian kesehatan Indonesia, setiap hari setidaknya ada lima orang yang bunuh diri. Walaupun umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun para ahli menemukan bahwa depresi ternyata juga rentan terjadi pada anak-anak yang dalam masa perkembangannya, cenderung memiliki suasana hati yang mudah berubah-ubah.

 

Penyebab munculnya depresi dapat dikarenakan berbagai macam hal, mulai dari bully-an orang sekitar, pola asuh orangtua yang kurang tepat, tekanan dari pergaulan sehari-hari dan masih banyak lagi.

 

Anak yang terus tampak sedih, bimbang dan menyendiri bisa menjadi tanda-tanda ia mengelami stress atau bakan depresi. Hal tersebut pun membuat anak menjadi rentan terhadap bahaya. Bahaya tersebut bisa jadi gangguan kesehatan, kecanduan obat-obatan atau minuman berarkohol, menurunnya kemampuan berpikir, sulit bersosialisai hingga munculnya rasa ingin mengakhiri hidup atau bunuh diri.

 

Ketika anak menunjukkan tanda-tanda stress atau depresi, usahakan untuk senantiasa berada disampingnya. Hindari memberi tekanan berlebih padanya karena ini bisa membuatnya semakin depresi. Sesibuk apapun aktivitas orangtua, pastikan untuk selalu memberi perhatian padanya. Jadilah tempat curhat anak. Jadilah penasehat dan pendukung untuk kebaikan anak dan bantu anak melewati hari-hari beratnya dengan sabar dan penuh kasih sayang.

 

Untuk mengatasi depresi pada anak orangtua juga perlu membawa anak ke psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sebab mengunjungi psikolog atau dokter spesialis kejiwaan telah terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk menangani depresi.

 

Source