Tidur Tengkurap Ternyata Memberikan Dampak Buruk Untuk Kesehatan!
Friday, 18 October 2019
Tidur Tengkurap Ternyata Memberikan Dampak Buruk Untuk Kesehatan!

Vlisteners, pasti pernah dong sangking lelahnya melakukan berbagai macam aktivitas seharian, langsung berbaring untuk mengistirahatkan tubuh. Tak jarang juga kita langsung memposisikan badan tengkurap di atas kasur. Namun, tahukah kalian kalau terlalu sering berbaring dengan posisi tidur tengkurap dapat membuat leher bahkan punggung seseorang tegang dan kaku. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga dapat merusak postur tubuh, mengganggu kesehatan usus hingga pernapasan. Ini dia tiga dampak tiduran tengkurap yang telah dikutip dari detik health:

 

1. Dapat membuat tubuh sakit

Berbaring dengan posisi tengkurap dapat merenggangkan tulang belakang, yang akan berdampak pada sakit punggung, leher, dan persendian. Tulang belakang berfungsi untuk melindungi sistem saraf yang mengontrol semua fungsi tubuh, dan apabila terjadi gangguan pada sistem saraf tersebut, dapat menyebabkan fungsi tubuh tidak normal dan akan merasakan sakit.

 

2. Mengganggu kesehatan usus

Ketika tidur tengkurap, maka tekanan pada bagian tengah tubuh jadi tidak seimbang sehingga menyebabkan nyeri tulang belakang. Sebuah studi menunjukkan, bahwa masalah pada tulang belakang dan punggung bawah dapat menyebabkan masalah pencernaan.

 

3. Menyebabkan masalah pernapasan

Saat tengkurap, tubuh akan berbaring di atas otot pernapasan inti dan diafragma yang dapat menghalangkan saluran pernafasan dan menyebabkan sesak nafas.

 

Source