Begini Cara Membersihkan Peralatan Dapur Sesuai Bahannya!
Monday, 21 October 2019
Begini Cara Membersihkan Peralatan Dapur Sesuai Bahannya!

Vlisteners, Memiliki peralatan dapur yang bersih dan wangi, tentu akan membuat semakin betah berlama-lama di dapur, ya. Bahkan Anda bisa lebih rajin lagi mengasah bakat memasak. Namun tak semua orang bisa merawat peralatan memasaknya dengan baik, lho. Cara menggunakan, membersihkan, hingga menyimpannya juga tak boleh sembarangan.

Kalau peralatan memasak tak dicuci bersih, bisa-bisa malah membawa kuman atau bakteri ke makanan yang hendak disajikan. Agar tak salah membersihkan peralatan dapur sesuai bahannya, yuk simak tips berikut:

 

1.Stainless steel

Kebanyakan peralatan masak di dapur itu berbahan stainless steel ya, Vlisteners! Mulai dari sendok, garpu, panci, wajan, dan peralatan lainnya. Idealnya, menurut Fox, membersihkan stainless steel cukup dengan tangan dan sabun cuci piring biasa saja. Namun ini harus segera dilakukan setelah menggunakan peralatan tersebut. Jika sudah timbul kerak, Anda bisa menggunakan serbet yang diberi beberapa tetes cuka untuk membersihkan noda yang menempel.

 

2. Wajan antilengket

Wajan antilengket umumnya menggunakan bahan marble, keramik, besi, dan lain sebagainya. Hanya saja kemudian diberi lapisan antilengket yang terkadang bila salah mencucinya malah mengelupas dan rusak. Maka dari itu, sangat tidak disarankan mencuci wajan antilengket dengan mesin, spons, atau sabun yang kasar. Sebaiknya cuci dengan tangan atau spons yang paling halus. Jangan sekali-sekali mencoba membersihkannya dengan spons logam, jika tak ingin wajan antilengket rusak.

 

3. Kayu

Peralatan masak berbahan kayu juga cukup banyak di Indonesia. Mulai dari talenan, spatula, sendok, garpu, hingga ulekan ada yang menggunakan bahan kayu. Berdasarkan jurnal Decontaminationof Plastic and Wooden Cutting Boardsfor Kitchen Use, talenan kayu justru mengandung lebih sedikit bakteri, terutama salmonella dan E.Coli. Maka dari itu, USDA (US Department of Agriculture) menganjurkan untuk langsung membersihkan talenan menggunakan sabun antibakteri, dan air panas sesaat setelah dipakai. Lalu, keringkan dengan lap atau tisu bersih hingga airnya terserap.

 

Source