Anak Sering Berbohong? Ini Cara Mengatasinya...
Friday, 25 October 2019
Anak Sering Berbohong? Ini Cara Mengatasinya...

Vlisteners, Apakah anak Anda sering ketahuan berbohong? Ternyata salah satu penyebab anak berbohong adalah karena mereka meniru orang tuanya. Selain itu, anak bisa berbohong karena takut dihukum. Sebagai orang tua, terkadang memang kita dibuat kesal dan secara langsung memarahi anak yang berbohong. Tapi ternyata ada cara yang lebih baik yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan berbohong anak, berikut cara mengatasi anak yang sering berbohong dikutip dari fimela.com:

 

1. Beri penjelasan bahwa bohong itu tidak baik

Ajak anak untuk mengobrol empat mata. Beri penjelasan dan pemahaman yang jelas bahwa berbohong itu tidak baik. Jelaskan juga dampak buruknya bila terus berbohong. Selalu bantu anak untuk memahami bahwa berbohong bukan lah solusi untuk masalah apapun.

 

2. Bangun rasa percaya

Saat anak sudah memiliki rasa percaya pada orang tua, ia akan lebih mudah mengendalikan dirinya untuk tidak gampang berbohong. Kita perlu mengajak anak berkomunikasi dengan nyaman dan terbuka.

 

3. Jangan keburu menghukumnya

Jika anak Anda berbohong sebaiknya bantu anak untuk bisa berkata jujur dan janji padanya untuk tidak langsung marah. Saat anak sudah mau jujur, berikan pujian padanya.

 

Source