Stop Ikuti Kemauan Anak
Monday, 28 October 2019
Stop Ikuti Kemauan Anak

Terkadang banyak anak yang meminta sesuatu kepada orangtua karena merasa apa-apa selalu dituruti. Bahkan, tak jarang banyak orangtua yang suka tidak tega untuk menolak keinginan anak karena khawatir anak akan marah dan malah menjadi tantrum. Nah, berikut ini hal yang bisa anda lakukan untuk menolak keinginan anak yang tidak bisa anda penuhi.

Tanyakan Alasannya Kenapa Meminta Barang Tersebut

Mengajak anak berdialog untuk menjelaskan alasannya menginginkan sesuatu akan membuat orangtua memahami apa yang menjadi dorongan anak. Kalau memang tidak masuk akal, jelaskan kepada anak kalau dia tidak bisa mendapatkan barang tersebut karena bukan menjadi kebutuhannya.

Bawa dengan Suasana Bercanda

Terlalu keras kepada anak akan menumbuhkan sikap membangkang. Cobalah untuk menenangkan hati dan melembutkan intonasi saat hendak berkata tidak kepada anak. Supaya suasana tidak tegang, bawakan dengan nuansa bercanda biar anak bisa sejenak melupakan hasratnya untuk membeli barang tersebut.

Ajak Anak untuk Melakukan Hal Positif Bila Menginginkan Sesuatu

Tidak ada orang yang berhasil mendapatkan sesuatu tanpa berusaha terlebih dahulu. Ini yang perlu orangtua tekankan kepada anak sebagai salah satu jalan merangsang kemandirian dan keinginan untuk berusaha sejak usia dini.

Misalnya, kalau anak menginginkan tempat pensil baru, harus menunjukkan nilai yang bagus pada ujian mendatang. 

 

Source