Cara mengatasi infeksi mata pada bayi
Thursday, 31 October 2019
Cara mengatasi infeksi mata pada bayi

Bayi baru lahir dapat mengalami infeksi mata karena bakteri yang ada di sekitar saluran lahir. Mata bayi mungkin akan membengkak, merah, dan mengeluarkan banyak air. dan berikut ini beberapa cara rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi mata pada si kecil.

1. Minyak chamomile
Minyak chamomile memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi infeksi mata. Hal ini dikarenakan berbagai konstituen anti-inflamasi di dalam minyak ini.

2. Air garam
Garam laut memainkan peran penting dalam pengobatan infeksi di bagian mata anak. Sebab garam merupakan agen pembersih yang baik dan mengandung berbagai unsur yang menjadikannya antibiotik yang hebat.

3. Air hangat dan dingin
Cara tercepat untuk meredakan infeksi mata adalah dengan menggunakan air. Mencuci mata dengan air dingin dapat menghilangkan partikel kecil yang mungkin ada di dalamnya. Kombinasikan dengan kapas yang direndam dalam air hangat. Perubahan suhu dapat membantu memerangi infeksi serta menjaga keluarnya benda asing apapun yang ada di mata bayi.

4. Kantong teh celup
Teh diketahui memiliki banyak sifat anti-mikroba dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh saat dikonsumsi. Kandungan teh juga dapat diterapkan untuk mengobati infeksi mata. Mencelupkan kantong teh ke dalam air hangat dan kemudian membiarkannya dingin dapat mengaktifkan konstituen teh. Ingat, pastikan bahwa kantong teh yang digunakan bersih dan aman untuk bayi.

5. Pijat
Kadang-kadang, mata teriritasi ketika saluran air mata tidak lancar atau tersumbat. Dalam kasus ini, ada baiknya bila Anda menghangatkan jari-jari Anda dan memijat lembut area di antara mata dan jembatan hidung bayi. Kehangatan jari membantu melancarkan dan membersihkan saluran air mata bayi.

 

source