Efek Nonton Film Horor Pada Anak
Tuesday, 05 November 2019
Efek Nonton Film Horor Pada Anak

Menyaksikan film horor memang seru. Adrenalin pun seakan terpicu. Tapi bagaimana jika film genre horor ini dinikmati anak-anak? Dikutip dari laman Romper.com, film horor memang bersifat fiksi, namun anak-anak belum bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang bukan, sehingga efek buruknya bisa dirasakan bahkan sampai dia besar nanti. Anak-anak belum paham kalau film cuma sebatas karya fiksi. Alhasil mereka pun bisa mendapatkan efek negatifnya dari kekerasan, adegan sensual, hal yang menyeramkan atau makian kasar yang ditampilkan dalam film. Nah, Vlisteners berikut ini efek negatif nonton film horor untuk anak.

1. Sulit membedakan mana realita dan fiksi

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak bisa saja menganggap apa yang dilihatnya dalam film horor adalah realita. Sesuatu yang memang benar-benar terjadi. Sebuah studi ilmiah yang dilakukan Joanne Cantor, profesor seni komunikasi di University of Wisconsin, dan Dr. Kristen Harrison, profesor studi komunikasi di University of Michigan, mencatat kalau anak-anak paling berisiko mengalami efek ketakutan yang akan bertahan lama. Si kecil bisa menganggap sosok menyeramkan dalam film adalah nyata, sehingga ia bisa membuat bayangan dan fantasinya sendiri. Hal ini tentu saja bisa membuatnya sangat takut dengan fantasinya tersebut.

2. Gangguan Tidur

Banyak orang dewasa dan anak-anak kesulitan tidur segera setelah menonton film yang menakutkan. Bayangan tampak mengintimidasi, suara-suara diperbesar dan mimpi sering kali meresahkan. Bagi kebanyakan orang, efek ini berlangsung sesaat. Tapi dalam beberapa kasus, gangguan tidur bertahan selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

3. Melekat diingatan

Anak-anak tampaknya lebih terpengaruh oleh film-film menakutkan daripada orang dewasa. Anak-anak pasti merasakan hal ini jauh lebih besar ketika mereka takut. Seperti yang dicatat Cantor dan Harrison,  bahwa setelah menyaksikan film horor,  anak-anak kecenderungan akan menangis,  merasa mual, ingatan film tersebut akan terus melekat. 

 

source