7 Macam ekspresi wajah bayi beserta artinya
Thursday, 07 November 2019
7 Macam ekspresi wajah bayi beserta artinya

Anda pasti setuju kalau wajah bayi itu sangat menggemaskan, sekalipun ia sedang diam dan tertidur. Dalam berbagai situasi, sering kali bayi menunjukkan ekspresi yang tidak pernah dibayangkan oleh orangtuanya. Makhluk kecil tanpa dosa ini memang selalu berhasil membuat orang dewasa gemas saat melihatnya. Bahkan, tak sedikit dari orangtua bayi selalu mengabadikan momen muka bayi yang menggemaskan melalui jepretan kamera. Nah, berikut ini beberapa macam ekspresi bayi yang wajib Anda ketahui.

1. Terpesona

Ekspresi ini muncul ditandai dengan mata bayi yang membuka lebar, menurunkan atau menaikkan alisnya, serta mulut agak terbuka. Bahkan, sesekali bayi bisa menjerit, menunjuk, atau bergerak ke arah hal yang menjadi fokusnya. Ekspresi ini bermakna mereka ingin mendapatkan lebih banyak informasi tentang hal yang membuat mereka terpana. Cara ini juga membantu bayi belajar tentang bahasa.

2. Kesulitan

Ekspresi ini ditandai dengan sudut-sudut mulut bayi yang menurun, kedua alisnya melengkung di tengah, serta kemungkinan dagunya sedikit bergetar atau justru akan menangis. Jika tidak segera diatasi, maka lama-kelamaan bayi akan menangis. Menurut Harvey Karp, MD., bila ini terjadi, orangtua harus bergegas memberikan rasa nyaman dan menenangkan bayi, misalnya dengan digendong.

3. Bosan

Saat bayi bosan, ia akan mengeluarkan ekspresi wajah layaknya akan menangis. Bayi juga akan mencoba menarik perhatian orangtuanya dengan berteriak, menangis, atau bahkan melempar mainan, serta seketika akan tersenyum atau tertawa melihat Anda bereaksi.

4. Marah

Muka bayi akan memerah dengan mata yang menatap tajam dan sedikit tertutup. Saat Anda mencoba untuk meraihnya, kemungkinan bayi justru akan mendorong atau memukul tangan Anda. Ada banyak hal yang membuat bayi mengeluarkan ekspresi marah, misalnya saat merasa lapar dan lelah. Cobalah berikan apa yang ia butuhkan, misalnya berikan ia makan atau biarkan ia tidur saat merasa lelah.

5. Ketakutan

Matanya akan terbuka dan seakan tak berkedip, wajah dan tangan yang bergetar, mungkin juga akan menangis. Sulit bagi bayi untuk menenangkan diri ketika merasa takut, karena mereka mungkin tidak mengenali apa yang membuatnya takut. Jika bayi dalam situasi ini, orangtua sebisa mungkin harus memeluknya sambil berkata tentang apa yang terjadi dengan nada suara yang menenangkan. Bayi mungkin tidak mengerti kata-kata Anda, tapi dia akan memahami jika semua akan baik-baik saja melalui nada suara.

6. Tidak Nyaman

Bayi akan menangis sesegukan secara intens, bahkan sesekali bisa terdengar suara seperti mendengkur. Ia juga akan mengerutkan otot wajah atau tegang, menggeliat atau menaikkan kaki ke dadanya.

7. Menarik Perhatian

Bayi mempelajari wajah orangtua mereka untuk belajar tentang dunia. Sehingga, bagaimana Anda bertindak dapat berpengaruh juga pada perasaan bayi.

 

source