KAPANKAH BAYI ANDA DIPERBOLEHKAN MANDI DENGAN AIR DINGIN?
Wednesday, 13 November 2019
KAPANKAH BAYI ANDA DIPERBOLEHKAN MANDI DENGAN AIR DINGIN?

Vlisteners, saat bayi baru lahir memang sangat disarankan untuk memandikan bayi Anda dengan menggunakan air hangat. Apapun cuacanya, orang tua tetap harus memandikan sang buah hati dengan air hangat yang suam-suam kuku. Namun meski demikian, tidak sedikit orangtua yang mencoba memandikan bayinya dengan air dingin dengan tujuan agar bayi lebih sehat, lebih kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

 

Tahukah Anda, sebenarnya ada waktu-waktu yang dianjurkan untuk bisa memandikan anak dengan air dingin. Melansir dari laman alodokter.com, bayi sebaiknya mulai dimandikan dengan air dingin saat usianya di atas 6 bulan. Pada dasarnya kulit bayi masih sangat sensitif termasuk untuk bersentuhan langsung dengan air dingin, maka dari itu sangat tidak disarankan orangtua memandikan bayi yang berusia di bawah 6 bulan dengan air dingin.

 

Bahwasannya memandikan bayi di bawah usia 6 bulan dengan air dingin dikhawatirkan dapat membuat bayi tidak nyaman dan menyebabkan masalah serius pada kulitnya yang sensitif.

Untuk memulai memandikan bayi dengan air dingin, sebaiknya orangtua juga tidak langsung menyiram atau memasukkan tubuh bayi ke dalam bak berisi air dingin.

 

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ialah mengenalkan air dingin ke bayi dengan cara membasuh tubuh bayi secara pelan-pelan dan hati-hati dengan air dingin. Anda juga bisa mengelap tubuh bayi dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin, cara ini bisa melatih bayi mengenal air dingin dengan lebih baik ke depannya.

 

Jika cuaca sedang dingin atau hujan, meski bayi telah berusia lebih dari 6 bulan, sebaiknya tetap memandikannya dengan air hangat. Sebab memandikan dengan air hangat dapat membuat tubuhnya lebih rileks yang akan membantunya tidur lebih nyenyak dan nyaman di malam hari.

 

Source