MOMS, INI SAYURAN YANG TAK BOLEH DIPANASKAN ULANG
Thursday, 28 November 2019
MOMS, INI SAYURAN YANG TAK BOLEH DIPANASKAN ULANG

Mengkonsumsi sayuran terutama sayuran hijau memang sangat penting untuk kesehatan. Biasanya, sayuran dimasak dengan cara ditumis atau hanya direbus saja. Tapi perlu diingat, ada beberapa sayuran yang tak boleh dipanaskan kembali karena dapat membahayakan kesehatan.  Berikut diantaranya :

 

Bayam

Meski mengandung zat besi yang tinggi, namun ternyata Bayam tak boleh dipanaskan kembali. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat pada bayam akan berubah menjadi karsinogen yang memicu timbulnya kanker.

Brokoli

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutritional Biochemistry, mengungkapkan bahwa zat dalam brokoli ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, bila masakan berbahan brokoli dihangatkan kembali, ternyata justru dapat memicu kanker. Brokoli mengandung nitrat. Bila dipanaskan berulang, dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.
 

Seledri

Sayuran yang sering digunakan untuk memperkuat aroma dan rasa masakan ini tentu memiliki segudang manfaat bagi tubuh.  seledri juga terdapat nitrat yang akan berubah menjadi nitrit, apabila dipanaskan secara berulang. Bila ingin menggunakan seledri, lebih baik taburkan saja irisan saledri mentah di atas sup yang akan dihidangkan agar tetap dapat memperoleh kandungan gizinya.

 

Source