Manfaat Mengajak Anak Memasak Bersama
Tuesday, 03 December 2019
Manfaat Mengajak Anak Memasak Bersama

Ada beragam aktivitas yang bisa dikerjakan oleh prang tua dengan anak, untuk menjalin hubungan agar semakin hangat. Salah satunya dengan cara memasak bersama. Bahkan para ahli menemukan, memasak bersama dapat membantu anak mempelajari hal baru selain itu juga meningkatkan kepercayaan dirinya. Berikut ini beberapa manfaat mengajak anak memasak bersama.

1. Memasak bersama orang tua meningkatkan kemampuan dasar

Memasak bisa menjadi media untuk meningkatkan prestasi di sekolah. Dengan memasak, kemampuan matematika si kecil akan terlatih saat mereka melakukan aktivitas seperti menghitung telur atau menimbang bahan makanan. Di samping itu, anak turut belajar membaca dan menambah kosakata saat anda mengajaknya membaca resep masakan bersama.

 

2. Eksplorasi rasa

Biarkan anak memanjakan lidahnya dengan rasa baru dan mencicipi makanan yang belum pernah ia coba sebelumnya. Di sini, anda pun bisa mengetahui makanan apa yang disukai anak dan anak belajar cara membuatnya.

 

3. Menjalin hubungan erat antara anak dan orangtua

Dapur bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk Anda menjalin bonding yang erat. Saat Anda bersama anak mencuci sayuran, mengolah salad dan memanggang kue dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan agar Anda semakin kompak dengan buah hati.

 

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Tak hanya mengenal makanan, memasak akan mengajarkan banyak hal pada anak. Saat ia membaca resep dan mengikuti langkah yang ada di dalamnya, mencium dan mengetes rasa makanan maka saat itulah ia belajar meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, kemampuan sosial anak akan ikut berkembang dalam hal perencanaan dan menyelesaikan masalah.

 

5. Media belajar pola hidup sehat

Mengajak anak pergi ke dapur sejak dini bisa menjadi sarana menyenangkan untuk anda mengajarkan anak hidup sehat. Anda bisa memulainya dengan memilih bahan makanan segar di supermarket, lalu ajak si kecil berdiskusi mengapa sayuran dan ikan sangat penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Pastikan Anda mengemasnya dengan kata yang sederhana agar anak mengerti dan tidak bosan.

 

Source