Ini Dia Manfaat Mendongeng untuk Si Kecil
Wednesday, 11 December 2019
Ini Dia Manfaat Mendongeng untuk Si Kecil

Vlisteners, mendengarkan dongeng menjadi hal yang menyenangkan karena kita bisa membayangkan petualangan seru yang ada di dalam cerita.Tidak hanya menyenangkan, ternyata anak yang mendengarkan dongeng pun memiliki manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat mendongeng untuk si kecil:

 

1. Imajinasi

Menurut dokter spesialis syaraf anak bernama Herbowo Soetomenggolo, saat mendengar dongeng, semua bagian otak kita akan aktif. Bagian-bagian otak yang aktif ini nantinya akan membentuk imajinasi seru yang sering dialami anak saat mendengarkan dongeng.

 

2. Melepaskan Hormon

Saat mendengarkan dongeng, otak mengeluarkan beberapa hormon, seperti dopamin dan oksitosin. Hormon dopamin berperan untuk mengatur perubahan emosi, sedangkan oksitosin mengatur rasa empati dan gembira. Hormon lain yang juga dilepaskan adalah hormon kortisol yang berhubungan dengan kewaspadaan.

 

3. Kemampuan Literasi

Mendengarkan dongeng ternyata bisa meningkatkan kemampuan literasi pada anak-anak kita. Anak-anak akan lebih banyak mengenal kosakata dan lebih bisa memahami bacaan dengan baik.

 

Source