Ini Dia Beberapa Manfaat Anak Saat Bermain
Friday, 13 December 2019
Ini Dia Beberapa Manfaat Anak Saat Bermain

Vlisteners, taukah Anda bahwa Anak-anak perlu diizinkan untuk bermain bebas. Pengalaman bermain yang diperoleh anak bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Seorang ahli menyebutkan bahwa suatu tanda sederhana bahwa seorang anak merasa ia memiliki tempat perlindungan yang aman adalah keluar bermain. Dari kesenangan yang didapatkan dari pengalaman bermain, anak-anak bisa mendapat sejumlah manfaat yang positif untuk tumbuh kembangnya. Berikut manfaat bermain untuk anak dikutip dari fimela.com:

 

1. Anak Bisa Mengembangkan Kemampuan Eksplorasi

Kegiatan bermain seperti bersepeda keliling lingkungan rumah bisa membantu meningkatkan kemampuan anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Aktivitas bermain bisa memicu rasa ingin tahu anak. Mendorong anak untuk belajar hal-hal baru yang selama ini kurang dipahaminya.

 

2. Anak Mendapat Kemampuan Sensorik yang Baik

Aktivitas bermain anak bisa meningkatkan kemampuan sensorik. Anak-anak balita bisa mempelajari hal-hal baru melalui panca indra mereka. Dibandingkan menghabiskan waktu hanya di depan televisi atau gadget yang hanya merangsang indra penglihatan dan pendengaran, kegiatan bermain bebas di luar bisa merangsang kelima indra yang dimiliki anak.

 

3. Anak Bisa Memiliki Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik

Cahaya matahari bisa menstimulasi kelenjar pineal. Bagian otak ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan menciptakan rasa bahagia. Menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Anak yang mendapat pengalaman bermain di alam yang menyenangkan nantinya saat dewasa bisa lebih menghargai alam dan lingkungan sekitarnya.

 

Source