Tips Menjelaskan Perceraian Pada Anak
Thursday, 26 December 2019
Tips Menjelaskan Perceraian Pada Anak

Vlisteners, menjelaskan kepada anak mengenai perceraian bukanlah hal yang mudah. Apalagi pikiran anak yang masih lugu sulit memahami mengapa orang tuanya tidak bisa bersatu lagi. Nah, Vlisteners berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda menjelaskan perceraian pada anak dan meminimalisir konsekuensi negatif yang ditimbulkan untuk anak.

 

1.Kurangi Dampak Merusak Pada Anak

Saat diambang perceraian, Anda dan pasangan cenderung lebih sering bertengkar. Melihat kedua orangtuanya bertengkar akan berdampak buruk pada psikologis anak. Karenanya, pastikan agar anak sedang tidak bersama dengan Anda ketika sedang beragumen dengan pasangan.

 

2.Kenali perilaku anak yang tak biasa

Ketegangan yang terjadi di lingkungan rumah tangga terkadang membuat anak menjadi lebih pendiam, sensitif, atau pemarah. Berusahalah mengurangi beban emosional anak dengan mengajaknya berbicara dan pahami perasaan anak Anda.

 

3. Jelaskan Situasi

Berusahalah jujur dan jelaskan dengan kalimat sederhana mengenai situasi yang sedang dialami. Katakan bahwa Ayah dan Ibu sedang bertengkar seperti Anak anda sedang bertengkar dengan temanya. Serta jelaskan walaupun demikian Anda dan pasangan tetap menyayanginya.

 

4.Tegaskan bahwa dia bukan penyebab alasan orang tua bercerai

Berusahalah tetap terlihat rukun di depan anak Anda. Pastikan Anda dan pasangan tetap memberikan perhatian kepada anak Anda dan jelaskan bahwa anak anda adalah yang terpenting dalam sebuah keluarga.

 

Source